Minggu, 26 Juni 2011

3 idiots

3 Idiots berpusat pada pengisahan tiga sekawan; Farhan Qureshi (R. Madhavan), Raju Rastogi (Sharman Joshi), dan Rancchoddas ''Rancho'' Shyamaldas Chanchad (Aamir Khan). Mereka adalah mahasiswa jurusan engineering yang menuntut ilmu pada Imperial College of Engineering, di Bangalore, India.
Farhan dan Raju berlatar belakang dari keluarga kelas menengah, yang bercita-cita mengangkat keluarga mereka dari benaman kemiskinan. Sedangkan Rancho yang jenius,
dicitrakan gemar membagikan kebahagiaan lewat kejeniusannya. Permasalahan timbul karena dari tiga sekawan itu, hanya Rancho yang benar-benar ingin menjadi insinyur, karena bakat dan kemampuannya memang di area itu. Sedangkan Farhan dan Raju, sejatinya mempunyai minat pada bidang lain.
Konflik memuncak ketika pengajar mereka, Professor Viru Sahastrabudhhe atau Prof ViruS (Boman Irani), mempunyai teknik mengajar yang super keras. Yang memakan korban bunuh diri salah satu mahasiswanya, Joy Lobo. Cara mengajar tanpa kompromi inilah yang mendapat tentangan tiga sekawan itu, yang akhirnya mendapat julukan dari Profesor mereka dengan julukan; 3 Idiots.
Pada saat bersamaan kehadiran tokoh Chatur Ramalingam atau ''Silencer'', (Omi Vaidya) mahasiswa cemerlang yang merupakan antitesis atas keberadaan 3 idiot, membuat situasi menjadi makin pelik. Terlebih ketika Rancho mulai jatuh hati kepada Pia (Kareena Kapoor), mahasiswi Kedokteran, yang notabene anak dari Prof ViruS. Dinamika dan sengkarut perjalanan menuntun ilmu 3 sekawan yang ''idiot'', dan perjalanan mereka 10 tahun kemudian setelah kelulusannya dari Universitas itulah yang disajikan di film ini.
Dengan cara tutur kilas balik, dongeng tiga sekawan yang ''idiot'' dalam menentukan kesejatian diri, lengkap dengan dinamikanya untuk menyelamatkan martabat keluarga masing-masing (yang rela bertaruh apapun untuk kesuksesan anak-anak mereka di bangku kuliah itulah), yang disajikan di film ini dengan menggetarkan. Dengan pilihan dialog yang nyaris layak kutip semua, keriangan dan kesedihan ditubrukkan dengan indah di 3 Idiots. Tidak berlebihan, jika air mata dan tawa menyanding laras di film yang sayangnya hanya ditayangkan di jaringan bioskop Blitz itu.
sumber: http://m.suaramerdeka.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar