Selasa, 19 April 2011

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Hadirin Kaum Muslimin rahimakumullah
Segala puji bagi Allah Yang Maha Pengasih Yang Maha Penyayang, Yang telah mengutus rasul pilihan Nabi Besar Muhammad SAW untuk seluruh alam, rasul yang amat mencinai manusia dan memerintahkan mereka untuk saling mencinti. Shalawat dan salam semoga tercurah kepadanya, kepada para sahabatnya dan kepada kita semua.


Marilah kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT dengan jalan melaksanakan perintah-2Nya, baik perintah yang masuk kategori wajib maupun perintah yang masuk kategori sunnah dan berusaha untuk meninggalkan larangan-2Nya, baik larangan haram maupun makruh.
Hadirin kaum muslimin rahimakumullah
Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk beribadah kepadaNya. Dalam rangka merealisasikan perintah tersebut, Allah SWT menurunkan kitab suci Al Qur’an sebagai pedoman dan mengutus rasulullah SAW sebagai manusia sample yang dijuluki sebagai Al Qur’an berjalan. Kita semua diwajibkan untuk mengikuti segala perkataan dan peruatannya dalam hidup dan kehidupan, Allah SWT berfirman :

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ

وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيراً ﴿٢١﴾

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS~Al Ahzaab:21)
Kalimat uswatun hasanah selain diartikan sebagai suri taulada, juga bisa diartikan sebagai contoh atau bis juga diartikan sebagai rujukan atau pedoman.
Hadirin kaum muslimin rahimakumullah
Berikut adalah gambaran pribadi Rasulullah SAW yang kiranya bis kita jadikan sebagai pedoman dalam menempuh hidup dan kehidupan yang telah disarikan dari beberapa hadits.
Rasulullah SAW`adalah manusia terbaik dan berasal dari golongan manusia-2 pilihan. Beliau lahir dari keturunan Abdullah, diman aAbdullah adalah keluarga terbaik dari Bani Hasim. Bani Hasim adalah Bani terbaik dari suku Quraisy, dimana suku quraisy adalah suku terbaik dari keturunan Kinanah. Kinanah adalah keturunan terbaik dari Nabi Ismail AS. Ismail adalah putra terbaik dari Nabi Ibrahim AS yang memiliki gelar kholilullah (Kekasih Allah).
Rasululah SAW adalah orang yang berperilaku manis, lembut budi pekertinya, tawadhu orangnya, beliau tidak bengis, tidak kasar, tidak suka mencela, tidak pula kikir. Beliau selalu berusaha untuk tidak berbantah-bantahan, beliau tidak pernah menyombongkan diri dan beliau tidak pernah berbuat sesuatu yang tidak selayaknya. Beliau tidak pernah membiarkan sesuatu yang tidak disenangi tumbuh dan berkembang ditengah-tengah masyarakat. Beliau tidak pernah membuat putus asa orang yang berharap kepadanya.
Terhadap orang-2 disekelilingnya beliau tidak pernah mencela, tidak pernah membuat orang lain malu dan tidak pernah mencari aib oranglain. Beliau berbicara dengan mereka jika pembicaraan itu ada manfaatnya, beliau tertawa seperti mereka jika ada yang mereka tertawakan dan beliau takjub terhadap apa-2 yang beliau takjubkan. Beliau sabar terhadap orang asing yang berkata kasar kepadanya, beliau sabar menunggu orang menghentikan pembicaraan selama pembicaraan itu tidak melanggar aturan. Beliau tidak mau menerima pujian kecuali pujian yang patut beliau dapatkan. Beliau selalu menganjurkan agar memberi bantuan kepada orang yang membutuhkan bantuan disertai dengan keikhlasan.
Jika beliau berada didalam majelis, beliau selalu berdzikir kepada Allah. Jika beliau datang terlambat beliau tidak pernah duduk didepan. Setiap anggota majelis mendapatkan kesempatan yang sama, mendapatkan perlakuan yang sama, sehingga tidak ada satupun yang merasa lebih utama atau lebih mulia. Kepada orang yang datang untuk mengadukan sesuatu, beliau selalu melayaninya dengan sabar sampai orang itu beranjak dari tempat duduknya. Kepada yang datang untuk meminta sesuatu, beliau tidak pernah menolaknya. Diberinya yang dia minta atau diucapkannya kata-2 lembut jika beliau tidak memiliki apa yang dia minta. Dengan demikian majelis beliau dalah majelis ilmu, majelis beliau adalah majelis kebijaksanaan, majelis amanah dan majelis kesabaran.
Juka beliau memasuki rumahnya, beliau selalu membagi waktu. Satu bagian untuk mengabdi pada Tuhan, satu bagian untuk kepentingan keluarga dan satu bagian lagi untuk kepentingan pribadi. Bagian untuk kepentingan pribadi beliau membaginya lagi, satu untuk kepentingan diri dan satu untuk mkepentingan umat. Yang untuk kepentingan umat ini beliau serahkan pada para sahabat dekat sebagai perwakilan umat, dimana mereka dituntut untuk menyebarkannya.
Jika beliau keluar rumah, beliau selalu menjaga lisan, beliau tidak berbicara jika tidak bermanfaat, beliau selalu mendatangi, tidak menjauhi. Beliau memuliakan orang-2 terhormat, beliau menjadikan mereka sebqagai pemimpin untuk kaumnya masing-2. Beliau selalu mengingatkan umat dari hal-2 berbahaya. Beliau tidak pernah menyembunyikan sesuatu, yang buruk dikatakan buruk, yang baik dikatakan baik. Yang sudah baik dikuatkan, yang buruk dihapuskan. Dalam setiap urusan baliau selalu mengutamakan jalan tengah agar tidak menimbulkan perselisihan. Setiap hal selalu beliau pertimbangkan, beliau tidak lalai, beliau tidak mengurangi kebenaran atau melampauinya. Sungguh, orang-2 yang mengikuti beliau termasuk sebaik-baik manusia. Beliau selalu mengatakan manusia yang terbaik adalah yang paling banyak nasehatnya, manusia yang paling tinggi derajatnya adalah yang paling banyak tauladannya dan paling banyak memberikan pertolongan.
Hadirin kaum muslimin rahimakumullah
Semoga gambaran perilaku Rasulullah SAW yang telah dipaparkan diatas, bisa kita jadikan sebagai tauladan bagi kita dalam rangka memperbaiki budi pekerti kita, mempertinggi ilmu kita dan mempertinggi kualitas dan kuantitas amal ibadah kita kepada Allah SWT.
Demikian semoga bermanfaat,
Wassalamualaikum wr wb

(BAENURI S.Pd)
Madrasah Aliyah Negeri Cibinong Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar